Trik Terbaik Dalam Meningkatkan Kecepatan Komputer Kamu



Komputer kamu lemot, loadingnya lambat ? Emang begitu sih kalau komputer setelah sekian lama gak pernah diperhatikan bagian sistemnya. Ada bagian2 penting dari windows yang perlu diperhatikan agar komputer bisa stabil dan performace komputer kita tetap terjaga. 
Ada yang bisa menggunakan software ada juga mengatur pengeturan di Windows itu sendiri. Berikut saya akan beri beberapa tips untuk meningkatkan kinerja, kecepatan dan performance komputer secara maksimal agar kecepatan komputer kamu bisa wuzzz… wuzzz… 
1. Tunggu selesai PC booting  sepenuhnya sebelum membuka setiap aplikasi.
2. Klik Start > Run ketik msconfig
Coba lihat di tab Startup dan Service. Hilangkan tanda conteng yang tidak diperlukan agar Windows bisa booting lebih cepat dan juga bisa mengurangi penggunaan RAM.
3. Cek keadaan registry
Kamu menbutuhkan software untuk mengecek keadaan registry. Karena pasti ada banyak. Setelah itu defrag registry Windows juga.
4. Refresh di desktop setelah menutup aplikasi apapun. Ini akan menghapus file yang tidak terpakai dari RAM.
5. Jangan mengatur file gambar berukuran yang sangat besar sebagai wallpaper kamu. Jangan membuat wallpaper di desktop sama sekali jika PC kamu memiliki RAM yang kecil (kurang dari 64 MB).
6. Di desktop jangan terlalu banyak shortcut. Setiap shortcut pada desktop menggunakan sampai 500 byte RAM. Kalikan aja berapa banyak shortcut yang ada pada desktop kamu. Itu akan memberatkan RAM kamu.
7. Kosongkan recycle bin secara teratur. File-file tersebut tidak benar-benar dihapus dari hard drive Anda sampai Anda mengosongkan recycle bin.
8. Hapus file Internet sementara secara teratur.
Tidak terasa jika setelah sekian lama menggunakan internet akan membuat harddisk terisi banyak file sementara yang tidak diperlukan. Kosongkan atau hapus cache pada browser kamu. Lihat di bagian pengaturan browser kamu.
9. Defragment hard drive Anda sekali setiap dua bulan. Ini akan membebaskan banyak ruang pada hard drive anda dan mengatur ulang file agar aplikasi Anda berjalan lebih cepat.
10. Selalu membuat dua partisi di hard drive kamu (lebih baik lebih dari dua partisi). Instal semua Softwares yang ukurannya besar (seperti PSP, Photoshop, 3DS Max, microsoft office, autocad, corel dll) di partisi kedua. Windows menggunakan semua ruang kosong yang tersedia di drive C sebagai memori virtual saat RAM Komputer kamu penuh. Buat Drive C sekosong mungkin.
11. Ketika Softwares baru diinstall, maka akan membuat ikon baru di startup. Ikon startup menghabiskan RAM yang tersedia, dan juga memperlambat booting PC Anda. Juga menonaktifkankah pilihan untuk memulai aplikasi secara otomatis ketika boot PC. Anda dapat menonaktifkan pilihan ini lihat bagian nomor 2.
12. Lindungi PC Anda dari debu. Debu menyebabkan pendinginan kipas CPU macet dan memperlambat pemanasan bertahap sehingga CPU Anda dan mempengaruhi kecepatan pemrosesan. Gunakan kompresi udara untuk meniup debu dari CPU. Tidak pernah menggunakan vakum.
13. Gunakan anti virus yang tidak terlalu berat. Salah satu penyebab komputer lambat adalah anti virus yang kamu gunakan terlalu berat. Ini akan sangat banyak menggunakan RAM. Jika komputer kamu menggunakan anti virus seperti bitdefender, kaspersky, norton anti virus pasti deh komputer kamu loadingnya lemot. Tapi jika komputer kamu memiliki RAM 2 GB tidak masalah pake anti virus itu. Pilih anti virus yang ringan tetapi mampu menangani virus dengan baik.
14. Kalau sedang berselancar di dunia maya, saya sarankan jangan terlalu banyak membuka Tab pada browser kamu. Semakin banyak Tab yang kamu gunakan, maka akan memakai banyak RAM. Tutup Tab yang tidak digunakan lagi pada browser kamu agar bisa mengurangi jumlah RAM
15. Jika kamu sedang banyak membuka aplikasi, minimize-lah aplikasi yang sedang tidak digunakan jika sedang membuka aplikasi lain.
RAM ADALAH AREA KERJA DARI CPU, KALAU BISA JADIKAN SEMINIMAL MUNGKIN PENGGUNAAN RAM PADA PC KAMU.

14 Responses to "Trik Terbaik Dalam Meningkatkan Kecepatan Komputer Kamu"

  1. Datang untuk berkunjung, dan baca2... :)

    Btw link saya di "sahabat setia" masih salah gan, tolong di ganti ke thesainspedia.wordpress.com, maaf kalo merepotkan...

    ReplyDelete
  2. kalo saya sih pake tune up utilities bro :D

    ReplyDelete
  3. weh info yang cocok nih sob, kebetulan komputer lama saya berat bener, terasa jadul bener....

    ReplyDelete
  4. sip dah bro info'y . . . =))
    kapan-kapan bisa dipraktekkan . . . :)

    ReplyDelete
  5. nih gan jawabannya kalau mau buat footer 3 kolom kayak punya ane : http://4-jie.blogspot.com/2011/10/membuat-footer-3-kolom-ala-oom.html

    ReplyDelete
  6. detail bangets sob...mantabs !
    sya kalo brwsing kadang 7 atau 8 tab sya buka...
    thx ya sharenya....

    ReplyDelete
  7. Masukan yang bagus dan bermanfaat Sob.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  8. kunjungan pertama ne gan..

    info yang sangat bermamfaat..apalgi bagi saya yang baru belajar..sekali lagi makasi..

    ReplyDelete
  9. kebetulan banget, komputer saya lelet

    ReplyDelete
  10. yang terkendala justru kalau lagi browser pake mozzila, pemakaian CPU di atas 80% tapi RAM 2G hanya terpakai 10-30%. ada apa gerangan, pleaseeeee tell me masss

    ReplyDelete
  11. @ABM:
    Nah,,saran saya cuma kalau browser gunakan google chrome dan selalu bersihkan registrynya dengan ccleaner :)

    ReplyDelete